Home / TNI

DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI PRESS CONFERENCE PENGGAGALAN PENYELUNDUPAN BENIH BENING LOBSTER (BBL) DI GUDANG KAMPUNG TERBANGGI BESAR PROVINSI LAMPUNG

Media Bela Negara - 14 Oktober 2024, 22:44 WIB

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri press conference Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Dr. Yoos Suryono Hadi, M.Tr.(Han)., M.Tr.Opsla., CHRMP. dalam rangka penggagalan penyelundupan benih bening lobster (BBL) sebanyak 194.156 ekor jenis mutiara dan pasir yang dikemas dalam 60 boks styrofoam besar oleh TNI Angkatan Laut dalam hal ini Tim Lanal Lampung jajaran Lantamal III Jakarta pada hari Minggu tanggal 13 Oktober 2024 di Ruko atau kios yang dijadikan gudang di kampung Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung bertempat di Mako Lanal Lampung Jl. Way Ratai Caligi, Pasawaran, Lampung, Senin (14/10/2024).

Pangkoarmada I dalam press conference mengatakan “Kronologi kejadian bermula pada hari Sabtu tanggal 12 Oktober 2024 pukul 20.00 WIB, Tim Lanal Lampung menerima informasi dari masyarakat adanya pengiriman BBL yang akan masuk ke daerah Bandar Lampung melalui jalur darat dari Kabupaten Pesisir Barat. Kemudian Danlanal Lampung Kolonel Laut (P) Dwi Atmojo memerintahkan Tim Lanal Lampung untuk melaksanakan pengintaian dan pemetaan terkait informasi yang diterima”.

Selanjutnya Pangkoarmada I menjelaskan “Pada hari Minggu tanggal 13 Oktober 2024 pukul 02.00 WIB, Tim Lanal Lampung melaksanakan pengamatan di Kec. Kota Agung Kab. Tanggamus dan menemukan mobil jenis minibus yang dicurigai dari arah Kab. Pesisir Barat. Pukul 06.00 WIB mobil jenis minibus tersebut bergerak mengarah ke kampung Terbanggi Besar Kab. Lampung Tengah dan berhenti di depan Ruko atau kios, merasa kurang aman kendaraan jenis minibus tersebut kembali melaju dengan kencang. Pukul 06.15 WIB, Tim Lanal Lampung masuk melalui pintu belakang Ruko atau kios yang dijadikan gudang dalam keadaan kosong dan menemukan BBL sebanyak 194.156 ekor jenis mutiara dan pasir dalam 60 boks styrofoam besar. Selesai kegiatan press conference ini selanjutnya BBL akan dilepasliarkan di perairan Caligi Kab. Pesawaran”.

Turut hadir pada saat press conference Komandan Brigif 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Supriadi Tarigan, S.I.P., M.M., Katimja Intelijen dan Pengawasan Sumber Daya Perikanan PSDKP KKP RI Rahman Hakim, Katimja PP dan Gakkum DKPP Prov. Lampung Budi Setiawan, dan Koordinator Satwas SDKP Kab. Pesawaran Emy Ramadhani, S.Pi.

Share :

TERPOPULER


Lainnya