Home / TNI

LANTAMAL III JAKARTA LAKSANAKAN UPACARA HUT KE-79 TNI TAHUN 2024

Media Bela Negara - 06 Oktober 2024, 09:44 WIB

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili oleh Wadan Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto, S.E., M.H. melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI tahun 2024 yang diikuti Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Lantamal III Jakarta dengan membacakan Amanat Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si. bertempat di lapangan upacara Mako Lantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No. 2, Jakarta Utara, Minggu (05/10/2024).

Panglima TNI dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Lantamal III Jakarta mengatakan “Peringatan HUT TNI kali ini mengambil tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”. Tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara. Makna yang terkandung dalam tema tersebut, yaitu bahwa prajurit TNI sebagai pilar pertahanan negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju. Perkembangan lingkungan strategis yang diikuti perubahan politik, ekonomi dan teknologi terus berkembang secara dinamis dan makin kompleks telah menciptakan dimensi dan spektrum peperangan baru serta membawa dampak disrupsi di segala bidang kehidupan”.

Selanjutnya Panglima TNI menegaskan “Perkembangan situasi ini harus terus diikuti dan menjadi dasar dalam penyiapan kapabilitas TNI dari waktu ke waktu. Para prajurit TNI harus memiliki kemampuan dasar tempur, mahir bela diri taktis sekaligus mampu mengoperasikan dan memelihara alat utama sistem senjata (Alutsista) yang berteknologi tinggi. Bila hal ini dapat terwujud, transformasi TNI menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di kancah regional maupun internasional akan menjadi suatu keniscayaan. Pada momentum ini, saya juga ingin menyampaikan rasa hormat dan penghargaan kepada seluruh prajurit atas dedikasi dan integritasnya dalam menjalankan tugas, sehingga TNI hingga saat ini terus mendapatkan kepercayaan dan tempat di hati rakyat Indonesia”.

Share :

TERPOPULER


Lainnya