Home / Daerah

Peserta Apresiasi Seminar Nasional Yang Diselengarakan Oleh Ikatan Notaris Indonesia

Media Bela Negara - 30 Oktober 2023, 14:51 WIB

Pada hari senin (30/10/2023) bertempat di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Jakarta. Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP-INI) mengadakan seminar nasional bertemakan "Simpang Siur dan Problematika Perkumpulan dalam Praktek,”. Salah satu peserta perwakilan dari Bali Putu Ayu Mas Ratih, SH,. M,.Kn memandang akan pentingnya pemahaman terhadap peraturan-peraturan terbaru dalam praktek notaris.

Menurutnya seminar ini sangat penting karena mengundang notaris-notaris senior dan terkemuka dari seluruh Indonesia untuk membahas isu dan masalah terkait perkumpulan yang sering kali kompleks. Lebih lanjut, Putu Ayu Mas Ratih menyebut bahwa sat ini penting bagi para notaris untuk tetap mengupdate peraturan-peraturan baru.
Menurutnya kita sebagai notaris harus terus mengupdate peraturan-peraturan baru. Kita sebagai notaris harus terus mengikuti perkembangan hukum terbaru agar dalam menjalankan praktek kita bisa memegang tanggung jawab.


Ia berharap seminar nasional seperti ini dapat diselenggarakan secara terus menerus. Karena dalam seminar ini kami bisa bertukar pikiran dan para notaris bisa saling kenal satu dengan yang lainnya. 
Tema seminar kali ini, yaitu “Simpang Siur dan Problematika Perkumpulan dalam Praktek,” merupakan respons terhadap kompleksitas yang terkait dengan perkumpulan di masyarakat. Putu Ayu Mas Ratih menyatakan keprihatinannya terhadap banyaknya problematika yang muncul terkait perkumpulan, terutama terkait dengan dasar hukum dan legalitasnya.


“Banyak perkumpulan yang tidak berbadan hukum, dan ini menimbulkan berbagai masalah. Sebagai notaris, tugas kita adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang dasar hukum perkumpulan, memahami masalah-masalah yang mungkin timbul, dan memberikan solusi yang sesuai dengan hukum yang berlaku,” paparnya.


Perkumpulan yang tidak sah secara hukum dapat menghadapi masalah serius, mulai dari keabsahan kontrak hingga tanggung jawab hukum atas tindakan mereka. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam tentang regulasi terbaru dalam praktek notaris sangat penting. Para notaris diharapkan dapat menjadi sumber pengetahuan yang dapat membantu masyarakat memahami proses pendirian dan pengelolaan perkumpulan secara sah dan sesuai hukum.
Seminar Nasional PP-INI tidak hanya memberikan wawasan tentang peraturan-peraturan terbaru, tetapi juga memberikan platform bagi para notaris untuk membangun jaringan dengan sesama profesional dan memperdalam pemahaman mereka tentang aspek hukum yang kompleks. “Dengan pengetahuan yang tepat, para notaris dapat memberikan kontribusi positif dalam mengatasi simpang siur dan problematika yang terkait dengan perkumpulan, menciptakan masyarakat yang lebih tahu dan mematuhi hukum dalam segala aspek kehidupan mereka,” pungkasnya.


Sementara itu salah satu peserta lainnya HERLINA, S.H., M.H., Ketua Bidang Bantuan Sosial dan Penanggulangan Bencana pengurus pusat INI, menyampaikan pentingnya klarifikasi hukum terkait perkumpulan dalam seminar ini. Acara ini merupakan wadah bagi notaris-notaris terkemuka untuk mendiskusikan permasalahan kompleks yang seringkali muncul terkait pendirian dan pengelolaan perkumpulan.
Lebih lanjut ia menyampaikan bahwasannya Notaris memiliki kewenangan dalam pembuatan akta pendirian perkumpulan sebagai badan hukum, baik itu yayasan, perkumpulan, maupun PT yang bersifat sosial. Namun, undang-undang mengenai perkumpulan masih dalam tahap rancangan. Oleh karena itu, seminar ini diadakan untuk mendiskusikan dan memberikan masukan untuk peraturan yang baru terkait perkumpulan."


Herlina berharap seminar ini dapat memberikan masukan berharga kepada pemerintah dan pembuat undang-undang. Saya berharap agar undang-undang perkumpulan segera terwujud, mengakomodir kesulitan-kesulitan yang sering muncul ketika pendirian perkumpulan dilakukan. Saya juga berharap agar proses administrasi badan hukum perkumpulan bisa dipercepat, setidaknya sebanding dengan proses perseroan terbatas,"

Share :

TERPOPULER


Lainnya