Home / TNI

TMMD Ke-120 Wilayah Kodim 1307/Poso Resmi di Tutup Pangdam XIII/Merdeka

Media Bela Negara - 08 Juni 2024, 09:28 WIB

Tojo Una-Una - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, M.A., Resmi Tutup TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 TA 2024 di Wilayah Kodim 1307/Poso. Upacara Penutupan Berlangsung di Lapangan Sepakbola Ds. Uekambuno, Tojo Una-una, Jumat, (07/06/2024)

Kegiatan TMMD dilaksanakan selama satu bulan dengan prioritas pembangunan infrastruktur daerah yang tergolong desa tertinggal, terisolasi atau terpencil, daerah kumuh perkotaan. TMMD mengusung tema *"Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah"*.

Dalam Amanat Pangdam XIII/Mdk Menyampaikan "TMMD ke-120 di wilayah kerja KodamXIII/Merdeka kali ini diselenggarakan didua tempat, yakni di Desa Modayag III dan Desa Tobongon Kec. Modayag Kab. Bolmong Timur Provinsi Sulawesi Utara dan di Desa Uekambuno, Desa Tobamawu, Desa Watusongu dan Desa Borneang Kec. Ulubongka Kab. Tojo Una-Una Provinsi Sulawesi Tengah. Selama satu bulan, sejak tanggal 8 Mei hingga hari ini, 7 Juni 2024, para prajurit TNI, Polri, Pemda dan berbagai komponen masyarakat lainnya telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-120 TA 2024".

Oleh karena itu, pada kesempatan yang sangat baik ini, sebagai Pangdam dan selaku Pengendali Kegiatan Operasional TMMD di wilayah Kodam XIII/Merdeka, saya menyampaikanucapan terima kasih yang sebesarbesarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu kami, baik secara moril maupun materiel, sehingga kegiatan TMMD ke-120 ini dapat terselenggara dengan tertib, aman dan lancar.Perlu diketahui bersama, bahwa Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 telah mengamanatkan kepada TNI untuk melaksanakan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yang di antaranya adalah membantu tugas pemerintah di daerah, khususnya dalam hal pembangunan.

Berbagai sasaran fisik berupapembangunan dan perbaikan infrastrukturtelah kami selesaikan, di antaranya: pembangunan sarana transportasi berupa pembuatan rabat jalan, pembangunan jamban individu, dan rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni). Selain sasaran fisik, dilaksanakan pula kegiatan nonfisik berupa penyuluhan pertanian, peternakan dan perikanan, penyuluhan wawasan kebangsaan, sosialisasi penerimaan anggota TNI, Kamtibmas, bahaya radikalisme dan Narkoba, serta penyuluhan Posyandu, Posbindu dan KB Kesehatan.

Sebelum mengakhiri amanatnya Pangdam XIII/Merdeka mengatakan, "ada beberapa atensi dan harapan yang perlu saya sampaikan sebagai tindak lanjut dari program TMMD ke-120, Pertama, pelihara terus semangat kebersamaan dan Kemanunggalan antara TNI-Rakyat. Jangan mudah terhasut dan terprovokasi. Kedua, pelihara terus semangat gotong-royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. Ketiga, jaga dan pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dirasakan dalam kurun waktu yang lama"Tutup Pangdam

Turut Hadir Dalam Kegiatan Tersebut Danrem 132/Tdl, Aster Kasdam XIII/Merdeka, Dandim 1307/PS, Ketua DPRD Tojo Una-Una, Bupati Touna di Wakili Sekda Kab. Touna, Kapolres Tojo Una-Una, Dandenpom XIIIDandenzibang-2/Palu, Kasdim 1307/Poso, Wadanyonif 714/SM, Kajari Touna, Para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Seluruh Unsur Forkopimda Kabupaten Touna, Para Dansat TNI-Polri. 

Share :

TERPOPULER


Lainnya